1. AAK (Administrasi Akademik & Kemahasiswaan)
AAK berada di lantai 2 gedung merah STIKOM Surabaya
3 hal yang penting untuk mahasiswa:
· Buku Pedoman Akademik.
· Kalender Akademik.
· SIIS (Student Integrited Information System)
Rekan – rekan AKK :
a. Khoirul : Presentasi mahasiswa
dispensasi.
b. Tasya : Kehadiran dosen.
c. Ali dan Sapta : Regristrasi dan surat – surat
(transkrip aktif).
d. Diana : Soal ujian dan nilai ujian.
e. Netti : Ijazah, Yudisium, Laporan
kopertis
f. Vivine : Kabag. Akademik
Proses AAK secara global :
a. Registrasi dan her – Regristrasi (KRS) dalam Pasal 15
Kartu Rencana Study
b. Perwalian.
c. Perkuliahan.
d. Ujian.
e. Semester Pendek.
f. Yudisium (KHS).
g. Tutup Semester.
Cara pembayaran dan sanksi keterlambatan, apabila
tidak akan mengikuti ujian :
Untuk mengupdate status mahasiswa harus daftar uamg. Apabila 2x tidak registrasi akan tetrken DO (Drop Out) secara otomatis. Semester 1 dan 2 masih terikat paket. Tetapi untuk ajaran 2012 semester 2 apabila IPS > 2 maka boleh menambah SKS. Pembatalan KRS max minggu ke 4 setelah perwalian sesuai dengan pesetujuan dosen wali (Pasal 15 Kartu Rencana Study)
Pasca Perwalian ( minggu 1 ) :
· Jika MK (Mata Kuliah) dibatalkan oleh prodi.
· Boleh mengganti sesuai jadwal
Pembatalan KRS ( minggu ke 4 ) :
· Hapus MK maka status baru.
· Melalui SIIS dan mencetak KRS dan AAK.
Cara Pembayaran dan Sanksi Keterlambatan :
1. Semua pembayaran BP atau BOP dilakukan melalui pendebetan otomatis pada rekening mahasiswa pada Bank yang ditunjukan oleh STIKOM Surabaya dengan jadwal yang diatur dalam ketetapan tersendiri.
2. Keterlambatan pembayaran BP atau BOP dikenakan sanksi yang berlaku yaitu :
a. Tidak dapat mengikuti Ujian UTS dan UAS.
b. Dikenakan denda sebagai berukut:
Jumlah Hari Keterlambatan
|
%denda
|
1 s/d 30
|
5%
|
31 s/d 90
|
10%
|
>90
|
15%
|
1. AU (Administrasi Umum)
AU berada di lantai 2 gedung biru . Bagian AU menaungi peminjaman fasilitas yang ada di STIKOM Surabaya misalnya peminjaman ruangan, bus, kursi dan lain – lain.
Tata cara peminjaman ruang & peralatan :
1. Mahasiswa meminta form peminjaman di AU
2. Mahasiswa mengisi form peminjaman dan di tanda tangani oleh mahasiswa yang bertanggung jawab pada peminjaman.
3. Setelah itu berikan form pada petugas dan akan disah kan oleh petugas.
4. Foto copy form sebanyak 3 lembar.
5. Berikan lembar 1 kepada petugas AU, lembar 2 Bagian Kemahasiswaan dan lembar 3 pada Satpam.
6. Simpan form yang asli sebagai bukti.
2. Kemahasiswaan
Pada dasarnya Perguruan Tinggi mempunyai tugas untuk mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM-Mahasiswa) yang berkualitas. Kualitas SDM yang dimaksudkan bukan hanya pada lingkup kompetensi, ketrampilan dan keahlian akademik (Hard Skill atau
Akademic Skill) saja, tetapi juga menyangkut kepribadian, attitude, moral dan keimanan (Life Skill atau Social Skill). Hal ini berarti Perguruan Tinggi tidak hanya sekedar menyuguhkan kegiatan akademis belaka, namun juga kegiatan-kegiatan non akademis. Untuk pengembangan
Soft Skills, bagian Kemahasiswaan STMIK STIKOM Surabaya berkewajiban mengelola kegiatan dan program pembinaan Soft Skills dengan berkoordinasi bersama para kepala Program Studi serta berkoordinasi dengan bagian terkait dalam rangka menyediakan sarana dan fasilitas sebagai wadah organisasi kegiatan mahasiswa, sehingga memungkinkan pengembangan penalaran, bakat minat dalam seni, budaya, dan olah raga, kesejahteraan serta pengabdian kepada masyarakat.
3. DEMA
Kedudukan organisasi ini sebagai organisasi non-struktural di lingkungan STIKOM berfungsi untuk menjaring, menampung dan menyaring serta mengemas aspirasi mahasiswa dalam lingkungan STIKOM tentang apa yang dirasakan dan dihadapi dalam bermacam-macam kegiatan yang telah maupun akan diadakan oleh Senat Mahasiswa. Selanjutnya aspirasi tersebut diolah untuk diteruskan kepada lembaga untuk mendapatkan tanggapan dan tindak lanjut. DEMA mempunyai kedudukan yang sejajar dengan SEMA serta menjalankan fungsi pengawasan bagi pelaksanaan Program Kerja SEMA, dan berintegrasi dengan Hima Prodi.
4. SEMA
Organisasi ini adalah pelaksana ( eksekutif ) dari Program Kerja Tahunan SEMA yang diputuskan dalam Rapat Kerja Tahunan SEMA. Program Kerja Tahunan SEMA di dasarkan kepada :
1. penjabaran arahan/kebijaksanaan lembaga kedalam Program Kerja Senat Mahasiswa Tahunan
2. Mengkoordinasikan, mengkomunikasikan dan mengsinkronisasikan aktifitas kegiatan UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) dan UKK (Unit Kegiatan Kerohanian) kearah semangat kompetisi yang sehat dan prestasi
3. Mengembangkan ketrampilan manajemen organisasi mahasiswa.
5. KOPMA
Menyediakan beberapa barang kebutuhan mahasiswa, misalnya alat-alat tulis, buku paket, fotocopy, makanan kecil, kafe, wartel dan sebagainya. Kopma ini memiliki badan hukum dan dalam kepengurusannya dikelola oleh mahasiswa ada dalam bimbingan dan pembinaan bagian Kemahasiswaan. Koperasi mahasiswa ini juga mengemban tugas untuk mengenal dan menumbuhkembangkan jiwa wiraswasta atau interprenuership pada mahasiswa STIKOM Surabaya
.
6. Perpustakaan
Jam Layanan :
- Senin - Jum'at : 07.00 - 19.00 WIB
- Sabtu : 07.00 - 12.00 WIB
Layanan perpustakaan diberikan dengan tujuan memberikan kemudahan akses informasi dan pendayagunaan bahan perpustakaan dari semua jenis karya cetak maupun karya dijital yang menjadi koleksi perpustakaan STIKOM Surabaya. Selain itu, pelayanan di perpustakaan STIKOM terus ditingkatkan sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi berdasarkan minat, kebutuhan dan permintaan masyarakat pelanggan perpustakaan.
Cara menggunakan komputer katalog :
Cara menggunakan komputer katalog dengan memasukkan kata kunci untuk judul, atau pengarang, atau subyek. Dari komputer katalog ini kita mendapatkan informasi apakah koleksinya sedang dipinjam atau tidak, jumlahnya berapa, dan lokasinya dimana. Sedangkan fungsinya adalah untuk:
o Penelusuran koleksi
o Informasi koleksi baru
o Usulan pembelian koleksi
o Masukan untuk perpustakaan
Tata tertib perpustakaan :
- Memasuki Perpustakaan dengan tertib melalui pintu yang telah ditentukan dan wajib memasukkan NIM / NIK /
NIAB (No Induk Anggota Baca) di komputer yang telah disediakan
- Bersepatu dan memakai pakaian rapi, (baju dimasukkan pada rok / celana dan tidak memakai kaos blong/tanpa krah).
- Tidak membawa tas, jaket dan tidak memakai topi (bisa dititipkan di Loker). Barang berharga harap dibawa masuk (bila perlu lapor kepada petugas).
- Tidak membawa makanan, minuman dan tidak merokok di dalam ruangan
- Turut menjaga ketenangan suasana perpustakaan (bagi yang membawa HP harap mode silent diaktifkan)
- Wajib memeriksakan semua barang yang dibawa kepada petugas saat meninggalkan ruangan
Aturan dan ketentuan peminjaman Koleksi :
- Mahasiswa aktif :
· 3 expl Bahan Pustaka, masing-masing selama 6 hari
· 1 expl Majalah, selama 2 hari (jika bendel selama 6 hari)
· 1 keping CD (baik CD Software atau CD Buku) selama 1 hari
- Mahasiswa tugas akhir :
· 5 expl Bahan pustaka, masing-masing selama 30 hari
· 1 expl Majalah selama 2 hari (jika bendel selama 6 hari)
· 1 keping CD selama 1
7. Keuangan
Pelayanan bagian mahasiswa :
a. Biaya pengembangan / BP / SP
Hanya dikenakan sekali pada saat menjadi mahasiswa baru.
b. Biaya Operasional Pendidikan / BOP / SPP
Dibayarkan setiap semester yang merupakan satu kesatuan dari biaya kuliah, registrasi, praktikum, dan ujian. Besarnya BOP akan sama pada setiap semester hingga tahun ke – 4. Dan setelah melewati tahun ke – 4 akan naik sesuai dengan BOP angkatan berikutnya atau maksimal 25 % dari BOP awal.
Pembukaan kolektif rekening CIMB NIAGA :
- Bukti registrasi / KTM
- Fotocopy KTP
- Mengisi surat keterangan dengan membawa foto 3 x 4.
- Membawa uang Rp. 500.000
- Membawa 2 materai Rp.6.000.
Tata cara pembayaran angsuran BOP :
- Mahasiswa mensetor uang ke masing – masing rekening CIMB NIAGA nya sebelum tgl 10 untuk setiap bulannya.
- Uang otomatis akan terdebit.
- Untuk yang tidak menggunakan autodebit, bisa mentransfer uang sejumlah angsuran ke rekening stikom (CIMB atau BCA).
- Menyerahkan bukti transfer beserta nama dan nim ke bagian keuangan di lantai 2 gedung biru.
0 komentar:
Posting Komentar